Saturday, July 9, 2011

Komputer dan Teknologi Informasi

Apakah komputer itu? Jawaban atas pertanyaan ini bisa bermacam-macam. Dalam kuliah ini, didefinisikan bahwa komputer adalah mesin yang dapat diprogram, yang menerima data masukan, menyimpannya, dan mengolahnya sehingga bisa dikeluarkan dalam bentuk yang siap digunakan. Memahami istilah ini memang tidak mudah, tetapi intinya adalah bahwa komputer adalah mesin yang dapat diprogram, dapat diatur dan dikendalikan fungsinya. Masukan komputer adalah data dan keluarannya adalah data dalam bentuk lain. Satu lagi, komputer harus mampu menyimpan data tersebut.
Lalu apa kaitannya dengan teknologi informasi? Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Information_technology) menjelaskan teknologi informasi sebagai "the study, design, development, implementation, support or management of information systems" (studi mengenai perancangan, pengembangan, implementasi, dukungan pengelolaan informasi). Teknologi informasi adalah semua teknologi yang memproduksi, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan/atau mendiseminasikan informasi.
Buku Putih TIK yang dikeluarkan oleh Kementerian Negara Riset dan Teknologi mendefinisikan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai
"semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi". Teknologi ini merupakan hasil perpaduan dari dua teknologi yang sebelumnya dikembangkan secara terpisah, yaitu komputer untuk data digital dan komunikasi untuk suara (analog).

No comments:

Post a Comment