Friday, October 7, 2011

Tahun dan Peristiwa Sekitar Mikroprosesor dan Elektronika

1958
Tanggal 12 September
Di Texas Instrument,  Jack Kilby memamerkan rangkaian terpadu pertama di dunia, mengandung 5 komponen pada sepotong bahan germanium berukuran setengah inci

1959
Di Fairchild Semiconductor, Robert Noyce membuat rangkaian terpadu dengan komponen-komponen yang dihubungkan menggunakan jalur aluminium pada permukaan lapisan oksida silikon di atas lempeng bahan silikon.

1965
Tanggal 19 April 19
Majalah Electronics menerbitkan artikel tulisan  Gordon Moore, kepala riset dan pengembangan di Fairchild Semiconductor, tentang masa depan komponen semikonduktor. Moore memprediksi bahwa kerapatan transistor pada rangkaian terpadu akan berlipat dua setiap 12 bulan sampai 10 tahun ke depan.  (Prediksi ini di revisi pada tahun 1975 dengan menyatakan bahwa jumlah komponen berlipatdua setiap 18 bulan dan pernyataan ini kelak disebut sebagai  Hukum Moore)

1968
Robert Noyce dan Gordon Moore mendirikan Intel Corporation. (Intel memulai bisnisnya sebagai produsen cip memori tetapi kemudian beralih menjadi produsen mikroprosesor)

1969
Busicom, pabrik pembuat kalkulator Jepang meminta Intel membuat satu set cip rancangan mereka untuk dibuat kalkulator. Ted Hoff menyarankan digunakan cip terprogram serbaguna saja daripada satu set cip khusus.

Computer Terminal Corporation meminta Intel mengintegrasikan sekitar 100 komponen TTL untuk terminal  Datapoint 2200 bagi prosesor 8-bit CPU menjadi beberapa cip. Ted Hoff mengatakan bahwa mereka mampu mengintegrasikan semuanya ke dalam satu cip, maka Intel dan CTC menandatangani kontrak. Hasilnya ternyata tidak diterima oleh CTC karena bekerja terlalu lambat. (Tetapi Intel menjadikannya sebagai prosesor 8008)
 

Untuk proyek Busicom, Marcian (Ted) Hoff dan Stan Mazor di Intel merancang prosesor 4-bit yang dapat menerima instruksi dan melakukan fungsi olah data sederhana. CPU ini akhirnya menjadi mikroprosesor 4004.

Mei
Advanced Micro Devices didirikan oleh  Jerry Sanders dan 7 orang lainnya yang keluar dari Fairchild Semiconductor.

Oktober
Insinyur dari pabrik Busicom Jepang bertemu Intel untuk melihat hasil kerja mereka dalam merealisasi proyek cip untuk kalkulator. Busicom setuju untuk menandatangani kontrak ekslusif  atas cip tersebut..

No comments:

Post a Comment