Saturday, November 26, 2011

Online Tool untuk Guru


Daftar Perangkat Lunak online yang dapat dimanfaatkan guru dalam aktivitas pembelajaran, antara lain adalah sebagai berikut:



Nama Perangkat Lunak
Delicious
Alamat URL
http://delicious.com/
Status produk
Free
Deskripsi
Situs bookmarking sosial
Merupakan situs untuk menyimpan dan membagi bookmark/favorit online yang memungkinkan pengguna maupun orang lain yang diijinkan, untuk  mengakses bookmark dari komputer manapun yang terhubung ke Internet. Pengguna dapat menandai situs yang disukai, disimpan dalam situs online de.li.cio.us. Bila mau, pengguna dapat membagi bookmarknya untuk orang lain.
Pemanfaatan
Situs atau perangkat lunak online ini sangat membantu produktivitas guru dan siswanya bila digunakan secara tepat. Guru dapat membuat account di situs Delicious dan membuat kategori bookmark untuk setiap konten atau topik bahasan tertentu. Karena bookmark ini tersimpan secara online, guru maupun siswa dapat mengaksesnya dari manapun asalkan terhubung ke internet. Bila perlu, orangtua siswa dapat juga diberi akses ke bookmark sehingga dapat mengikuti topik atau bahasan apa yang disajikan gurunya atau setidaknya memperoleh informasi sumber-sumber belajar yang perlu diakses anaknya.




Nama Perangkat Lunak
Flickr
Alamat URL
http://www.flickr.com
Status produk
Free
Deskripsi
Situs berbagi gambar/foto online
Situs penyimpanan/berbagi foto online ini memungkinkan pengguna melihat, memberi komentar, berlangganan, membentuk kelompok pengunggah foto ataupun menggunakan foto di dalamnya untuk disematkan dalam situs-situs web maupun blog.
Pemanfaatan
Situs berbagi gambar/foto ini telah berisi jutaan foto yang dapat dilihat, diakses, maupun digunakan dalam berbagai setting pendidikan. Guru bisa membuat album atau bank foto yang dikategorikan dalam berbagai topik dan kebutuhan, sehingga siswa di kelas dapat memanfaatkannya untuk berbagai proyek pembelajaran.
Tentusaja guru harus memahami bahwa ada resiko bahwa siswa tidak hanya akan mengakses gambar yang diunggah oleh guru, tetapi juga gambar-gambar lain yang tidak layak dilihat siswa.


No comments:

Post a Comment